23 Mei 2009

FISIP Undip Perbarui Pedoman Penulisan Karya Ilmiah

BERITA
Semarang, 23 Mei 2009
FISIP Undip Perbarui
Pedoman Penulisan Karya Ilmiah

Oleh Anindityo Wicaksono
(Sumber gambar: http://gcaptain.com)

FAKULTAS Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Diponegoro (Undip) Semarang terus berbenah terkait visi "Undip menuju universitas riset yang unggul di Indonesia". Sebuah tim yang terdiri dari 21 orang staf pengajarnya kini sedang menggodok pedoman baru penulisan karya ilmiah mahasiswa.

"Pedoman baru ini ditargetkan selesai empat bulan mendatang. Hasil rumusan tim ini nantinya akan disosialisasikan kepada seluruh staf pengajar FISIP Undip," kata Sekretaris Tim Penyusunan Pedoman Karya Ilmiah FISIP Undip, dra. Apriatni Endang, Msi., ditemui di sela-sela rapat pleno pembahasan pedoman di ruang Prambanan lantai 2, Hotel Santika Semarang, Sabtu (23/5).

Tim yang terdiri dari seluruh ketua jurusan, sektretaris jurusan, dan perwakilan dosen dari masing-masing jurusan ini dibagi atas empat tim sesuai pokok bahasan yang menjadi tanggung jawabnya.

Adapun tim penanggung jawab terdiri dari Pembantu Dekan I dra. Sri Widowati H, M.S. sebagai pengarah, Dr. Sunarto, M.Si. dari Ilmu Komunikasi (ketua pelaksana), dan dra. Apriatni Endang P, M.Si. dari Ilmu Administrasi Bisnis (sekretaris).

Menurut Apriatni, dalam rapat pleno yang berlangsung antara pukul 08.00—16.30 ini masing-masing tim diberi waktu secara bergantian untuk mempresentasikan kajian pedoman yang menjadi tugasnya.

Rinciannya yakni karya ilmiah kuantitatif dibawakan Tim Kuantitatif, karya ilmiah kualitatif (Tim Kualitatif), teknik penulisan karya ilmiah (Tim Penyusun Teknik Penulisan), dan pedoman penulisan makalah (Tim Penyusun Pedoman Penulisan Makalah).

"Seluruh anggota forum akan saling memberi masukan dan sanggahan dalam menelaah pemaparan masing-masing tim. Dari sini diharapkan dapat ditemukan rumusan pedoman yang paling ideal," terangnya.

Merapikan

Apriatni mengatakan, rumusan pedoman karya ilmiah kualitatif maupun kuantitatif mencakup metodologi-metodologi baru yang dapat diterapkan pada penulisan karya-karya ilmiah mahasiswa.

Sedangkan untuk materi teknik dan pedoman penulisan, tambahnya, tatacara penulisan yang selama ini berlaku akan diperbarui. "Semisal pada sistematika penulisan per bab dan sub-bab, daftar isi, catatan kaki (foot-note), catatan akhir (end-note), atau daftar pustaka," katanya mencontohkan.

Menurut dia, "Tujuan akhir kegiatan ini adalah untuk merapikan dan memperbarui pedoman penulisan karya ilmiah yang sebelumnya berlaku." Hasil akhirnya yang berupa rumusan pedoman selanjutnya akan dijabarkan dalam buku pegangan mahasiswa mengenai pedoman penulisan karya ilmiah.

Pedoman baru ini akan mulai berlaku di lingkungan FISIP Undip sejak disahkan melalui surat keputusan (SK) dekan, ujarnya. (*)

(Dimuat di www.fisip.undip.ac.id)

0 komentar:

Posting Komentar